Penyewaan Studio Rekaman


Studio rekaman adalah sebuah tempat untuk merekam suara dan juga terdapat ruang untuk mixing.Biasanya baik studio rekamandan studio untuk mixing secara khusus di rancang oleh acoustician untuk mencapai sifat akustik yang baik.Studio rekaman dapat digunakan untuk rekaman musisi (band), pengisi suara (iklan, film, dkk), atau untuk merekam sound track film.

Studio rekaman biasanya terdiri dari sebuah ruangan yang di sebut “studio” dimana tempat tersebut digunakan oleh pemain music atau vocalist untuk perform / memainkan karya mereka yang akan di rekam, dan juga terdapat “control room” dimana seorang engineer mengoperasikan computer untuk melakukan rekaman, dan biasanya diruangan “Control Room” juga terdapat seorang produser atau director untuk men-direct rekaman tersebut agar sesuai dengan keinginan.

Didalam studio rekamanjuga biasanya sudah terdapat alat alat untuk bermain band pada umumnya seperti: drum, gitar, amplifier, bass, keyboard, mic vocal. Karena tidak semua pemain band membawa alat music mereka sendiri kecuali pemain Gitar atau Bass karena mudah di bawa dan biasanya sudah di setel untuk permainan mereka sendiri.

Studio rekaman dapat digunakan untuk merekam penyanyi, musisi instrumental (misalnya, gitar elektrik, piano, saksofon, atau ansambel seperti orkestra), artis pengisi suara untuk iklan atau pengganti dialog dalam film, televisi, atau animasi, foley , atau untuk merekam soundtrack musik pengiring mereka. Studio rekaman biasanya terdiri dari sebuah ruangan yang disebut "studio" atau "ruang live" yang dilengkapi dengan mikrofon dan tempat mikrofon, tempat para instrumentalis dan vokalis tampil; dan " ruang kendali ", tempat insinyur suara , terkadang dengan produser rekaman, juga, mengoperasikan konsol pencampur audio profesional , unit efek , atau komputer dengan rangkaian perangkat lunak khusus untuk mencampur , memanipulasi (misalnya, dengan menyesuaikan ekualisasi dan menambahkan efek) dan merutekan suara untuk perekaman analog atau perekaman digital . Para insinyur dan produser mendengarkan musik langsung dan "trek" yang direkam pada speaker monitor atau headphone berkualitas tinggi.

Seringkali, akan ada ruangan yang lebih kecil yang disebut "bilik isolasi" untuk menampung instrumen keras seperti drum atau amplifier dan speaker gitar listrik, untuk menjaga agar suara ini tidak terdengar oleh mikrofon yang menangkap suara dari instrumen atau suara lain, atau untuk menyediakan Ruangan yang "lebih kering" untuk merekam vokal atau instrumen akustik yang lebih tenang seperti gitar akustik atau biola . Studio rekaman besar biasanya memiliki berbagai instrumen dan peralatan musik yang besar, berat, dan sulit dibawa-bawa di dalam studio, seperti grand piano , organ Hammond , dan piano elektrik .

Untuk memulai proses recording bisa diawali dengan mengumpulkan peralatan hardwere dan softwere yang akan digunakan. Seperti Soundcard Creative Sound Blaster Audigy Value 7.1 sebagai konverter AD/DA, Kabel instrumen, Gitar Electric dengan pick up bawaannya, Bass Electric dengan pick up bawaannya, Software FL Studio 9 digunakan sebagai drum virtual, Software Steinberg Nuendo 3 sebagai DAW, IK Multimedia Amplitube 3 sebagai processor effek virtual dan Driver Asio4all v2.10 yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah latency atau delay pada saat rekaman.



Adapun untuk melakukan promosi usaha ini bisa melakukannya dengan beberapa hal sebagai berikut, yang pertama melakukan promosi usaha dengan memanfaatkan media electronic cetak maupun media online yang bisa anda gunakan sebagai salah satu sarana dalam penyampaian keunggulan, alat yang digunakan, harga sewa dan sistem recording yang ditawarkan.

Yang kedua, melakukan promosi dengan menggunakan pamphlet, brosur bahkan jika perlu spanduk yang berisikan promosi-promosi mengenai home recording yang ditawarkan. Cara ini cukup efektif karena kedua cara ini langsung menyasar konsumen.

Namun selain kedua cara tersebut ada sebuah cara promosi yang saya bilang sebagai cara promosi berselubung yaitu sebuah cara yang mempromosikan usaha melalui para konsumen atau pelanggan anda, caranya yaitu dengan memberikan kepuasan kepada konsumen ada baik dari segi pelayanan yang anda berikan maupun dari segi kualitas rekaman, percayalah dengan pelayanan yang baik serta kualitas rekaman yang bagus maka akan dengan sendirinya para pelanggan anda akan memberi tahu kepada para temannya yang juga ingin melakukan rekaman.

Jika promosi-promosi tersebut anda jalani tidak menutup kemungkinan usaha home recording yang anda akan jalani akan menjanjikan, apalagi jika ditambah dengan harga yang relatif murah dan terjangkau tentunya akan semakin membuat banyak pelanggan tertarik. sebagi contoh saja dengan promosi tersebut saat ini setiap bulannya rata-rata Saya menerima rekaman sebanyak 35 grup band atau personal.

1 komentar untuk "Penyewaan Studio Rekaman"

Posting Komentar