Publisher


Music Publisher bukanlah pihak yang mendistribusikan musik ke Spotify, Apple Music, dll bukan record label dan bukan juga penerbit press release / PR Agency.⁣ Music Publisher (penerbit musik) tidak bekerja di level berkas mp3 atau wav, mereka bekerja di ranah lisensi dan pengelolaan royalty penggunaan musik.

Berdasarkan instagram story quiz pada 15 May 2019. Dari 400+ viewer mengatakan bahwa 18% telah benar memaknai publisher dengan arti yang sebenarnya.

Music Publisher adalah:
Music Publisher: a music publisher (or publishing company) is responsible for ensuring the songwriters and composers receive payment when their compositions are used commercially.

Publisher adalah pihak yang diberi kuasa oleh pemegang hak cipta untuk menangani lagu ciptaannya yang bersifat komersial, baik; mengelola, mengadministrasi dan mengekploitasi hak cipta.

Netrilis mendistribusikan musik ke platform musik online (Spotify, Deezer, Napster, dll), dan dibidang tersebut Netrilis bukan bertindak sebagai Publisher, namun Distributor atau pihak yang dipercaya Digital Stores untuk melengkapi konten di platformnya.

Di digital stores, publisher tidak di credit dan ℗ bukan symbol publisher. Perlu dipahami bahwa ada 2 sound recording copyright symbol, yaitu
© = copyright holder
yaitu; songwriter atau nama artist

℗ = phonogram atau phonograph
untuk meng-credit record label / distributor

Publisher Musik di Indonesia

WAMI : Wahana Musik Indonesia

Musica Studios

Nagaswara Publisherindo

Jawara Pustaka Musik

Aquarius Pustaka Musik

Agraswara Kencana Musik

Tidak ada komentar untuk "Publisher"